Wednesday, January 1, 2014

Cold Porcelain Tutorial

Cold Porcelain adalah salah jenis dari air-dry clay. Cara membuat Cold Porcelain cukup mudah dan bahannya pun mudah didapatkan. Berikut saya akan membagikan salah satu resep dari Cold Porcelain




Alat dan Bahan:
1. Baskom atau mangkuk atau apa saja yang dapat dijadikan wadah untuk membuat adonan.
2. Tepung Maizena
3. Tepung Kanji
4. Tepung Beras
5. Natrium Benzoat (Pengawet)
6. Lem putih Fox
7. Baby Oil
8. Sendok

Cara Membuat:
1. Masukkan tepung maizena, tepung kanji dan tepung beras ke dalam wadah dengan perbandingan 1:1:1. Contoh: apabila tepung maizena 2gr, maka tepung kanji 2gr dan tepung beras 2gr. Aduk rata.


2. Masukkan lem putih Fox ke dalam adonan. Perbandingan adonan tepung dan lem adalah 1:1:1:3. Artinya, apabila kita memasukkan ketiga tepung masing-masing 2gr, maka lem putih dimasukkan adalah sebanyak 6gr. Aduk rata lagi.

3. Masukkan Natrium Benzoat (pengawet makanan), dan baby oil secukupnya. Disarankan baby oilnya sedikit saja.


4. Campurkan hingga adonan berbentuk seperti ini.



5. Terakhir, beri warna dengan menggunakan cat acrylic atau cat poster. Lalu bungkus rapat dengan plastik dan taruh dalam toples atau tempat penyimpanan, kemudian tutup rapat agar udara tidak masuk. Karena Cold Porcelain adalah air-dry clay, ketika terkena angin, maka adonannya akan segera mengeras.


Tips:
- Sebelum menggunakan adonan Cold Porcelain, sebaiknya adonannya disimpan selama paling cepat 8 jam. Saya sendiri biasanya menyimpannya hingga beberapa hari.
- Untuk menghindari terjadinya "crack" atau retakkan ketika Cold Porcelain dibentuk dan didinginkan, ada baiknya saat membuat adonan, lem fox diberi tambahan 1 sendok lagi. Tidak masalah apabila adonan menjadi agak lembek dan lengket.
- Apabila saat dibentuk adonan menjadi sedikit mengeras, bisa ditambahkan sedikit baby oil atau air untuk melunakkannya lagi.

2 comments:

  1. Sis natrium benzoat bs dibeli di care4 ga? Itu beda sm baking powder/soda ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. natrium benzoat beda dengan baking power/soda.. natrium benzoat itu pengawet makanan. coba saja cari di care4 soalnya saya sendiri beli langsung di toko bahan kue :D

      Delete